Intip Kecanggihan Robot Damkar Provinsi DKI LUF 60 dan MVF-S U3 - Portal Katiga

Jumat, 21 Februari 2020

Intip Kecanggihan Robot Damkar Provinsi DKI LUF 60 dan MVF-S U3

www.portalkatiga.web.id - Provinsi DKI Jakarta telah membeli 2 jenis robot pemadam kebakaran canggih dari kroasia yaitu MVF-S U3 dan austria yaitu LUF 60. Berikut ini hasil informasi yang dilansir dari halaman okezone.com mengenai dua robot damkar provinsi DKI Jakarta.

Saat akan digunakan, robot itu diturunkan menggunakan remote control yang dipegang oleh salah satu petugas, dengan jarak terjauh mencapai 500 meter. Robot MVF-S U3 berbentuk seperti tank kecil dengan dua capit di bagian depannya. Capit itu digunakan untuk mengangkut barang-barang berat sisa kebakaran.

Intip Kecanggihan Robot Damkar Provinsi DKI LUF 60 dan MVF-S U3


Alat itu menampung air sebanyak 2.500 liter dan punya pompa yang mampu menekan air ke atas hingga 15 bar. Sehingga dalam operasi pemadaman, robot ini mampu menyemprotkan air sejauh 55 meter.

Ketika sedang beroperasi, robot ini bisa bertahan enam jam nonstop. Robot yang bisa bertahan di kemiringan 20 derajat itu juga mampu meliuk-liuk di antara traffic cone yang ada di lapangan. Kecepatanmaksimal robot ini 10 Km/jam.

Intip Kecanggihan Robot Damkar Provinsi DKI LUF 60 dan MVF-S U3


Sementara itu, robot jenis LUF 60 memiliki keunggulan lain. Lebarnya tampak lebih kecil, yaitu 135 cm. Keuntungannya robot ini bisa digunakan untuk memadamkan api kebakaran di gang-gang kecil. Tak hanya itu, alat ini juga berfungsi untuk memadamkan si jago merah di beberapa fasilitas umum, seperti MRT dan LRT.

"Karena tantangan ke depan LRT dan MRT kan kita ini menjadi jawaban bila terjadi suatu bencana itu, kita punya peralatan mempuni, jadi ini salah satu persyaratan juga, negara atau daerah (memilikinya)," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan di kantornya.

Robot LUF 60 memiliki daya tampung tangki air sebanyak 2.400 liter. Alat tersebut mempunyai ventilator fan dengan kecepatan maksimal 165 Km/jam. Sehingga, alat mampu menyedot asap jika terjadi kebakaran di sebuah terowongan. Tak hanya itu, daya jangkau semprot air yang dikeluarkan dari LUF 60 mencapai 70 meter.

Sumber : okezone.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments